proses ritual freemason indonesia

Mengintip Prosesi Ritual Pelantikan Calon Freemason di Indonesia dari arsip dokumen asli Freemasonry. Disadur langsung via Sam Ardi (@Sam_Ardi)


Tweeps, siang nanti saya akan membicarakan “ritual” pelantikan seorang calon Freemason yang pernah ada di Indonesia.

situs konspirasi indonesia konspirasi id

Apa yang hendak disampaikan tentu saja sudah menjadi kebiasaan saya untuk merujuk kepada sumber-sumber primer yang tidak ada di Google, hilangkan di kepala segala jenis teori konspirasi dan anti Semit lainnya, kalo masih bercokol akan susah memahami twit saya. Ok?

Tempat penyimpan barang ritualnya.

situs konspirasi indonesia konspirasi id

Ritual” pelantikan calon anggota Freemason, sebuah thread!”

Perlu diketahui bahwa Freemasonry adalah sebuah organisasi, jadi untuk menjadi anggota ada tahapan seleksi. Nantinya anggota-anggota tersebut tercatat di setiap lodge/loge/loji. Untuk menjadi anggota, diperlukan pelantikan dalam sebuah upacara penerimaan anggota.

Apa yang hendak saya sampaikan ini berdasarkan data yang saya peroleh dari salah satu loji yang arsip lojinya cukup bagus dulu, cuma karena salah pengelolaan akhirnya amburadul gak karuan. Jadi apa yang saya sampaikan berupa sejarah, bukan kegiatan kontemporer mereka saat ini.

BACA JUGA Perbedaan Freemason dan Illuminati

Upacara pelantikan sering disalahartikan sebagai upacara penyembahan terhadap kekuatan setan, seperti bisa dibaca baca buku Leo Taxil. Padahal tidak, Freemasonry sebagai sebuah “spiritual movement” pembentuk character building bekerja menggunakan simbol-simbol.

Dalam upacara penerimaan anggota, seorang calon Mason diwajibkan menghafal sebuah role play, tergantung tingkatan/derajat yg hendak dia dapatkan. Role play tersebut diatur dalam sebuah skenario, agak tebal memang, perlu daya ingat yang bagus.

Saya ambilkan contoh skenario yang harus dihafalkan seorang calon anggota derajat 1 sampai 3 sebagaimana bisa tweeps lihat pada foto di bawah ini.”

situs konspirasi indonesia

Isi skenario tersebut adalah dialog, adegan, bahkan mengatur musik apa yang hendak mengiringi prosesi upacara tersebut. Pakaian para anggota juga diatur, tak lupa kursi bahkan meja tempat prosesi.

Di dalam skenario tersebut diselipi pelajaran filsafati untuk calon Mason yg akan memasuki organisasi, misalnya mengapa mata harus ditutup, ketika berjalan disuruh berhenti untuk minum air pahit dan air tawar, lalu pada endingnya penutup mata dibuka sehingga cahaya begitu silau.

Setelah melalui drama, ya saya sebut drama dalam upacara pelantikan karena memang begitu adanya, maka seseorang akan disumpah menurut keyakinannnya masing-masing. Untuk yang beragama Islam akan disumpah menggunakan al Quran, yg Kristen menggunakan Alkitab/Bible, dll.”

Saya ambilkan contoh dari seorang Mason yang beragama Kristen. Perlu diketahui, Freemasonry menerbitkan Masonic Bible. Isinya tidak jauh berbeda dg Alkitab King James Version, kecuali ada tambahan pernak-pernik Freemasonry mulai nama-mana sejarah Freemasonry hingga Mason terkenal.

Katanya ada upacara pengorbanan manusia? Trus ada suara mengerikan dari dalam loji? Apa benar?. Ya saya bisa katakan itu benar adanya berdasarkan temuan saya pada beberapa arsip, cuma itu dalam konteks role play alias drama dalam pertemuan mereka.

Mengerikan sendiri relatif, bagi orang yang tidak tahu, mungkin dianggap mengerikan karena ada suara dengan nada tinggi atau bahkan iringan musik yg bikin bulu kuduk berdiri. Kenapa ritualnya malam? Freemason siang kerja mz, mb, ndak kayak situ ngeluh aja kerjaannya.”

BACA JUGA Mesin ‘Think-Tank’ Peradaban yang Bernama Tavistock Institute

Setelah orang itu dilantik & selesai, maka dia secara resmi bergelar “murid”, sebagai tingkatan pertama dalam semua Rita/Rite Freemason yang ada. Tingkatan selanjutnya tergantung dari individunya, mau memperbarui naik atau tidak. Bebas, terserah dia. Ini George Washington, Mason.

Sebagaimana bisa dilihat, pada tingkatan yg saya kopi dari aslinya, menggunakan mazhab Skot Kuna dan Sah, terjemahan dari Ancient Accepted Scottish Rite, sedangkan yg 3 secara berurutan hanya Scottish Rite. Berikut contoh isi dari tingkatan 18.

Berapa orang yang sudah dilantik mencapai tingkatan tertinggi pada saat itu? Ada beberapa orang dg ragam profesi. Mulai dari kepala kepolisian RI, anggota BPUPK, politisi, dosen, dokter, militer, dan lain-lain. Kita kenal beberapa seperti Raden Said Soekanto.”

Paling tinggi dia akan diberi gelar Guru Ketua, dalam istilah Loge Agung Indonesia sebelumnya adalah Guru Pengarsa.”

Apa itu Loge Agung Indonesia? Bagaimana pembentukan Loge Indonesia? Siapa saja yang memprakarsai Loge Agung Indonesia? Bersambung…. 😉

Tanah air pusaka, Indonesia merdeka.. *nyanyi*.”


REFERENSI VIA
Chirpstory

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *