Ada beberapa kesamaan dalam masyarakat Freemason dan Illuminati. Keduanya memiliki rahasia atas penciptaan mereka dan keduanya berisi anggota yang mempunyai pikiran yang bebas dan berintelektual tinggi. Tujuan dari penciptaan keduanya berbeda,kaum Illuminati yang masih ada dan berusaha terus untuk mengubah politik dunia

Illuminati lahir dalam rangka menciptakan sebuah Tatanan Dunia Baru, sedangkan tujuan dari Freemason adalah menciptakan suatu masyarakat di mana kesopanan dan kehormatan terlihat di kalangan anggotanya. Kelompok ini terkenal karena karya-karyanya di seluruh dunia.

Mereka sama karena mereka berdua hasil dari masyarakat di mana orang-orang takut untuk berbicara secara terbuka tentang pikiran mereka dari pemerintah dan gereja.Mereka tidak ingin ada anggota mereka untuk takut pada konsekuensi karena mereka melakukan apa yang mereka rasakan benar. Ini adalah kenyataan bahwa ada begitu banyak rahasia di sekitar kelompok-kelompok yang membuat mereka sangat misterius sampai hari ini.

Namun ada pendapat lain yang mengatakan, bahwa sudah menjadi pengetahuan umum freemason atau freemasonry merupakan organisasi rahasia dari Iluminatii. Dan karena sifatnya yang rahasia, maka sedikit sekali informasi yang secara faktual dapat diperoleh pihak luar.

freemason simbol

Tentang definisi freemason itu sendiri terdapat berbagai pendapat. Namun, disepakati bahwa freemason merupakan gerakan rahasia untuk mewujudkan cita-cita Yahudi dengan identitasnya yang anti-Kristus dan menentang dominasi Gereja Roma Katolik serta agama-agama yang dianggap menghalangi cita-cita “dunia baru”.

Tujuan utama para mason (julukan pengikut freemason) adalah melindungi Yahudi dan ajarannya, dan mengembangkan paham ajaran naturalis dan nihilis yang dikemas dalam bentuk paham matrialis-rasional, seperti unitarian dan universalist, kemanusiaan, dan kebebasan.

Menurut mereka, freemason mengajarkan kebebasan dalam arti yang sebenarnya. Manusia harus bebas dari segala dogma agama. Mereka tidak boleh menjadi budak dari paham-paham yang tidak masuk akal dan tanpa bukti empiris.

Manusia lemah yang diperbudak oleh agama harus disingkirkan. Di dunia ini hanya ada satu tipe bangsa yang unggul, yaitu mereka yang mau menerima ajaran freemason. Ajaran falsafahnya adalah kesamaan hak, kesetaraan derajat dengan semboyan kebebasan, persamaan, dan persaudaraan. Berdirinya organisasi ini sudah sangat lama, walaupun nama sebelumnya tidak memakai nama freemason.

Beberapa kalangan mengakui bahwa freemason sudah didirikan sejak tahun 43 Masehi oleh Raja Herod (King Herod Agrippa) bersama-sama dengan delapan pendeta Yahudi. Dari catatan kuno, terdapat fakta bahwa gerakan ini mulai muncul di permukaan sebagai penentang ajaran Kristus yang berada di tengah-tengah masyarakat, kemudian dibubarkan oleh sebuah ordo kerajaan gereja, sesuai lembaran Dekrit Gereja no. XXXVI vol. 25-Concillium Avenionense; pada tahun 1326.

Untuk sementara, setelah Jacques De Molay  sebagai anggota freemason tingkat “grand master” dibakar hidup-hidup oleh gereja, freemason menghilang dan muncul kembali tiga ratus tahun kemudian, yaitu pada tanggal 16 Oktober 1646 di Inggris.

freemason tingkat Grand Master
Jacques de Molay

Pengertian illuminati nampaknya semakin hari menjadi semakin bergeser, yang semula digunakan oleh Freemason sejak awal berdirinya Freemason di abad ke 17 adalah pengertian yang digunakan dalam budaya sejak jaman mitologi yunani kuno, bahwa illuminati artinya pencerahan atau tercerahkan.

Illuminati sendiri berasal dari bahasa latin dan kemudian digunakan dalam bahasa Perancis.Sejalan dengan perkembangan filsafat akal manusia (hal-hal yang dipelajari oleh para Mason) – di jaman yunani kuno orang mulai mempunyai pemahaman tentang makna kehidupan dengan menghubungkan pada hal-hal yang supranatural.

Illuminati

Di jaman itu orang mengenal dewa-dewa yang mempunyai kekuatan dan mengatur alam raya. Pemahaman ini kemudian dilanjutkan dengan pemahaman akan adanya Tuhan sebagai penguasa tunggal alam raya. Pencerahan seperti ini saat itu disebut Illuminati.

Perkembangan filsafat akal setelah melalui fase pencerahan yang berkaitan dengan supranatural, kemudian manusia pun mencoba menjelaskan tentang yang berkaitan dengan proses alam, bentuk pencerahan seperti ini disebut Al khemi. Misalnya saja tentang teori yang menjelaskan bahwa di dalam tubuh manusia ada medan magnit. Jika medan magnit ini terganggu maka manusia akan menjadi sakit (dikenal sebagai teori Mesmer).  Atau bahwa dalam tubuh terdapat cairan pahit, dan cairan manis, yang jika mengalami gangguan keseimbangan orang akan menjadi sakit. Padahal dulu orang mengenal bahwa masalah penyakit disebabkan karena kutukan, setan, atau azab dari Tuhan.

Namun pencerahan fase Al Khemi ini, kemudian dianggap ketinggalan jaman, karena berkembangnya ilmu pengetahuan berbasis fakta pengamatan empirik yang kemudian kita sebut sebagai scientific matter. Freemasonry banyak mengadopsi istilah Illuminati sebagai upaya melakukan pencerahan kepada anggotanya dan masyarakat sekitarnya. Hanya istilahnya saja, ilmmunati artinya penceharan atau enlightenment.Namun dalam Freemasonry sendiri dalam menggunakan istilah itu bukanlah merujuk pada kepercayaan terhadap hal-hal supranatural, karena pada dasarnya fremasonsy mengedepankan rasionalitas dan sekulersime.

Pencerahan fase selanjutnya, yaitu dalam pengaturan kehidupan dan hubungan antar manusia lebih meletakkan rasionalitas daripada berdasarkan dogma dan kepercayaan pada supranatural. Dengan kata lain, dalam melakukan pencerahan yang menjunjung humanisme atau hubungan antar manusia perlu diutamakan rasionalitas dan etika serta moral yang tinggi.

Pencerahan (Illuminati) ini disebut humanisme sekuler.Keputusan mengedepankan rasionalitas dalam hubungan antar manusia oleh Freemason ini, adalah karena mengingat di dunia ini terdapat banyak sistem kepercayaan yang bisa jadi satu dengan lainnya akan saling berbenturan. Karena itu diangkatlah sistem nilai yang mengatur manusia dengan sistem nilai yang bisa diterima oleh semua bentuk kepercayaan. Sistem ini disebut sistem nilai universal. Sejarahnya hingga Freemasonry mengedepankan pencerahan humanisme sekuler adalah pengalaman yang dilalui oleh masyarakat Inggris yang selalu perang antar agama Katolik Roma dan Protestan.

Penguasa yang beragama Katolik Roma semakin kuat dengan represifnya melalui hukum-hukum agama yang ditentang oleh pihak Protestan. Disinilah munculnya pencerahan baru yang meninggalkan hukum-hukum agama sebagai pengatur kehidupan manusia. Mendorong agama masuk ke ruang privat sebagai spiritual individu, tidak lagi difungsikan dalam ruang publik. Adanya pencerahan baru ini yang disepakati oleh parlemen Inggris pada waktu itu, sudah menghentikan peperangan dan konflik antara Katolik Roma dan Protestan.

Ajaran Freemason adalah mengembangkan individu pada kebebasan berpikir, anti dogma, dan anti tirani. Dalam mengembangkan ketatanegaraan, hukum, iptek, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi, menggunakan pendekatan sekulerisme (melepaskan diri dari agama). Sekulerisme yang merupakan pencerahan yang dimulai abad pertengahan ini, merupakan pencerahan lanjutan setelah perkembangan filsafat akal manusia yang mempercayai supernatural, serta filsafat akal tentang natur (Al Khemi). Namun, kedua bentuk pencerahan itu, masih bisa kita rasakan di tanah air.

Mengapa pengertian kata Illuminati berkembang menjadi organisasi rahasia ? Bila kita melacak organisasi Freemason sendiri, jelas yang kita jumpai tidak mempunyai hubungan dengan organisasi rahasia Illuminati sebagaimana publikasi yang sering kita jumpai.

Pertama, organisasinya jelas, ada alamatnya, terbuka bagi pengunjung, dan merupakan organisasi berbadan hukum.

Kedua anggotanya jelas, bahkan para anggota yang terkenal seperti banyak presiden U.S dipublikasi dimana-mana.

Ketiga, organisasi ini perpustakaan dan mesiumnya terbuka untuk umum. Tetapi mengapa Freemason sering ditunjuk sebagai organisasi rahasia Illuminati?

Dihubungkannya Freemason dengan organisasi rahasia Illuminati berawal dari spekulasi terhadap organisasi bernama Illuminati Bavaria yang didirikan oleh  Adam Weishaupt seorang profesor Natural & Canon Law dari Bayern Jerman.Organisai yang didirikan tahun 1776 itu hanya merekrut orang-orang yang sepaham dan dikenal.

pendiri Illuminati Bavaria
Adam Weishaupt

Adam Weishaupt adalah seorang Kristen Jesuit. Gerakan awalnya adalah melakukan reformasi dalam agama serta mendidik masyarakat agar mempunyai mental emansipasi.  Adam Weishaupt sendiri bukan seorang anggota Freemason, namun organisasinya mengambil model dari Freemasonry yaitu mempunyai tingkatan-tingkatan atau grade. Organisasi ini kurang mendapat dukungan dari kaum bangsawan dan pemerintah. Setelah Adam Weishaupt meninggal, organisasi ini mati.

Di tahun 1900-an dicoba untuk berdiri kembali, namun berhenti di tahun 1920. Organisasi Illuminati Bavaria sendiri bukanlah organisasi rahasia, karena buku-buku yang ditulis Adam Weishaupt disampaikan juga ke pemerintah Bayern. Walau organisasi Illuminati Bavaria ini mati, namun di belahan Eropa banyak berdiri organisasi-organisasi semacam yang jiwanya adalah meningkatkan paham sekulerisme.

Bentuk organisasi ini merupakan bentuk counterculture (budaya yang menentang kemapanan) dari suatu budaya masyarakat yang mapan dengan agama. Nampaknya karena merupakan counterculture yang mampu menyulut norma yang sudah mapan inilah yang pada akhirnya kelompok ini lebih menutup diri dan disebut-sebut sebagai organisasi rahasia.

Mengapa pengertian kata Illuminati berkembang menjadi setan lucifer dan dajjal? Organisasi dengan nama Illuminati sebetulnya juga bisa ditemui dimana-mana. Namun kata-kata Illuminati justru mencuat terkenal, sejak munculnya buku cerita fiksi berlatar belakang sejarah berjudul Illuminatus Trilogy. Terbit tahun 1975 Illuminatus Trilogy terdiri dari tiga jilid: The Eye in the Pyramid, The Golden Apple, dan Leviathan. Ditulis oleh dua orang editor majalah Play Boy Robert Shea dan Robert Anton Wilson.

Buku heboh ini memenangkan Prometheus Hall of Fame Award tahun 1986. Isi ketiga jilid buku itu merupakan campuran antara sejarah, fiksi imajinasi, dan berbagai teori konspirasi yang ada di dunia. Mulai dari mitos, mistik, magic, numerologi, astrologi, sampai agama, dan politik. Pada dasarnya penulis buku itu berpendapat bahwa berbagai sistem kepercayaan, mistik mitos dengan segala macam teori konspirasinya harus mendapatkan tempat dalam sebuah publikasi. Buku yang sebenarnya adalah buku fiksi hiburan dengan latar belakang sejarah dan budaya itu, akhirnya beranak pinak menjadi artikel-artikel lain yang seolah-olah benar.

Seperti misalnya piramida mata uang dollar diasosiasikan dengan symbol Dewa Horas dari Mesir Kuno, Freemason, dan mata dajjal, Lucifer, dan antikrist. Semakin ramai lagi soal teori konspirasi Illuminati dengan Freemason, antikrist, setan dajjal dan lucifer, malah dibuat games komputer, musik-musik metal, tato, dan berserakan dalam berbagai film dan buku cerita berbau kriminal, horor, dan konspirasi politik. Bahkan di issukan bahwa Illuminati secara rahasia mampu melakukan kontrol jalan pikiran kita melalui kemampuan telepati dan hypnotis nya.

Banyak Yang menyangka gerakan Freemasonry dan Illuminati adalah sama perlu diketahui bahwa Freemasonry berdiri satu abad lebih dahulu dari Illuminati masyarakat Illuminati dan Freemason didirikan berabad-abad lalu dan memiliki sejarah yang cukup panjang. Dalam beberapa hal mereka sangat mirip, tetapi ada juga perbedaan yang jelas antara kedua kelompok.

Keduanya terdiri dari orang yang sangat cerdas, namun karena sifat rahasia dari keduanya, sangat sedikit orang yang tahu siapa saja yang menjadi bagian dari anggotanya. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa baik Freemason dan Illuminati turut berperan dalam ilmu pengetahuan dan politik selama berabad-abad. Persaudaraan Freemasonry lebih tua dari Illuminati yang telah terbentuk pada abad 17. Masing-masing kelompok adalah independen dari yang lain dan mengadakan pertemuan mereka di lokasi yang mereka sebut Lodges Grand.

Meskipun mereka percaya bahwa ada suatu Zat Agung dan dalam motto masyarakat tentang “Brotherly Love, Relief and Faith” (Kasih persaudaraan, Kebebasan dan Iman), para anggota Freemason tidak diharuskan untuk mengikuti agama tertentu.

Sementara Illuminati didirikan di Eropa pada abad ke 18 ketika Abad Pencerahan merajalela di semua negara, Illuminati adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelompok-kelompok masyarakat rahasia yang berkembang selama ini.

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *